Quotes

  • IKHLAS adalah Kepasrahan, bukan mengalah apalagi menyerah kalah

  • Solusi untuk setiap masalah adalah dengan Sabar dan Istighfar

  • Kesalahan terburuk kita adalah tertarik pd kesalahan orang lain

  • “Hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.” (Q,S Yusuf: 86)

  • Kegelisahan akan hilang saat shalat dimulai

SUKARNO DAN ISLAM Nasional



Siapa yang tak kenal Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir Sukarno. Nama salah satu pendiri bangsa ini begitu melegenda. Entah berapa buku telah diterbitkan dalam berbagai bahasa untuk menggambarkan sosok pemimpin yang fenomenal ini.

Hingga sekarang, Indonesia belum memiliki lagi tokoh sekaliber Bung Karno. Kemampuan pidatonya yang ulung telah memikat dunia. Seruan-seruanny anya yang lantang telah menggerakkan bangsa ini menuju kemerdekaan. Perjuangannya yang gigih merebut kemerdekaan membuat para penjajah gentar.

Presiden Sukarno merupakan penggiat eratnya hubungan Islam dan nasionalisme.

Belakangan muncul kalangan yang ingin membenturkan Islam dan nasionalisme. Padahal jika menengok sejarah perjalanan bangsa ini, Islam dan nasionalisme merupakan satu kesatuan. Ajaran untuk mencintai bangsa dan negara adalah sesungguhnya ajaran Islam. Karena itulah maka para ulama di masa lalu juga sekaligus menjadi pemimpin perang melawan penjajah. Para ulama juga menjadi bagian penting dalam proses perumusan dasar dan falsafah bangsa Indonesia. 

Mereka bergandengan tangan dengan para tokoh agama lain untuk bersama-sama membangun Indonesia. Dialog keagamaan pada masa itu sangatlah jauh dari semangat untuk saling memojokkan satu sama lain. Teladan yang indah telah dilukiskan oleh para pendahulu. 

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah juga nilai-nilai Islam. Perhatikan sila demi sila dalam Pancasila. Semua itu merupakan bagian bagian penting dalam ajaran Islam.

Sangatlah tidak produktif mereka yang berusaha membenturkan Islam dan nasionalisme. Bung Karno menjadi salah satu cermin untuk melihat lebih dalam hubungan Islam dan nasionalisme dalam sejarah perjalanan Indonesia. 


 

Dikutip dari             : nasional.republika.co.id - edited ANNAS Media

Penulis                   : -
 

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share.  Lets change the world together saudaraku !...



Comments