Quotes

  • IKHLAS adalah Kepasrahan, bukan mengalah apalagi menyerah kalah

  • Solusi untuk setiap masalah adalah dengan Sabar dan Istighfar

  • Kesalahan terburuk kita adalah tertarik pd kesalahan orang lain

  • “Hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.” (Q,S Yusuf: 86)

  • Kegelisahan akan hilang saat shalat dimulai

STUDI dan PEMIKIRAN ISLAM di Perguruan Tinggi Islam : AKAN DIBAWA KEMANA ? Oase Iman


 

Assalaamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh. 

TAHUKAH KITA?
(Edisi PEMIKIRAN ISLAM).

STUDI dan PEMIKIRAN ISLAM di Perguruan Tinggi Islam : AKAN DIBAWA KEMANA ?

1. KEMUNKARAN TERBESAR dlm pandangan Islam adalah Kemunkaran di bidang AKIDAH ISLAMIYAH atau Kemunkaran yg "Mengubah Dasar-dasar Islam". Kemunkaran ini berawal dari "Kerusakan Ilmu-ilmu Islam". Kemunkaran jenis ini jauh lebih dahsyat dari Kemunkaran Amal.

2. TERNYATA KERUSAKAN di bidang Ilmu-ilmu dasar Islam ini telah puluhan tahun justru telah merambah Perguruan-perguruan tinggi Islam : Keilmuan Islam yg "dirumuskan oleh para ORIENTALIS BARAT". Ada skenario dan 'grand-design' di balik ini semua.

3. Ini adalah "masalah besar" yg sedang dihadapi oleh kaum muslimin di Indonesia, khususnya di kalangan Alademisi Muslim di Perguruan Tinggi Islam. Dari jurusan-jurusan Agama justru muncul 'Pemikiran-pemikiran' yang dekonstruktif terhadap Keilmuan Islam dengan Mengadopsi METODOLOGI STUDI AGAMA "GAYA BARAT" melalui Pemikiran yg dirumuskan oleh para Orientalis Barat.

Bahkan setiap tahun ratusan Sarjana dikirim untuk belajar tentang Islam ke pusat-pusat Studi Islam di Barat - BELAJAR ISLAM KEPADA PARA ORIENTALIS YAHUDI dan KRISTEN !

Sungguh PRIHATIN.

4. Puluhan tahun lalu Cendekiawan Muslim Prof.Dr.HM.RASJIDI telah mengingatkan "Bahaya Penggunaan METODE ORIENTALIS" dalam Studi Islam di Perguruan Tinggi di Indonesia. Kini, peringatan tsb telah terjadi !

PENYEBABNYA adalah :
- Semangat Ilmiah yg lemah.
- Tekanan Ekonomi yg semakin berat.
- Minimnya Fasilitas Pendidikan,

yang menyebabkan banyak orang mengambil jalan pintas dengan mengambil saja Dana-dana Penelitian dan Pendidikan dari Lembaga-lembaga donor Barat, tanpa memperhitungkan dampaknya thd masa depan Keilmuan dan Pendidikan Islam. Projek-projek 'pesanan' diterima tanpa seleksi dengan tema-tema PLURALISME AGAMA, TEOLOGI INKLUSIF, DEKONSTRUKSI terhadap SYARIAH dan KONSEP WAHYU, yg kelak akan membawa perubahan besar dlm wacana dan corak Keagamaan ummat Islam Indonesia di masa datang, TRADISI ILMU ISLAM tidak akan berkembang. Naudzubillah.

5. INILAH YG KINI TERJADI di kampus-kampus Perguruan Tinggi Islam di Indonesia : UIN (Universitas Islam Negeri)-IAIN (Institut Agama Islam Negeri), STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri), STAIS (Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta).

3(TIGA) TANTANGAN Peradaban Barat terhadap ummat Islam saat ini, adalah:

1- KRISTENISASI.
2- ORIENTALISME.
3- IMPERIALISME MODERN.

* Imam al-Ghazali dlm kitab IHYA' ULUM ad-DIN dan BIDAYATUL HIDAYAH mengingatkan agar ummat Islam bersungguh-sungguh dlm Mencari dan Mengajarkan masalah Ilmu :

"Bila MENCARI ILMU dengan niat dan tujuan MENGUMPULKAN HARTA BENDA, untuk MENCARI PUJIAN MANUSIA, untuk HEBAT-HEBATAN DI HADAPAN MANUSIA, maka - 'Fa antas in fi hadmi dinika wa ihlki nafsika wa bay'i khiratika bi dunyka' (anda telah berjalan utk Menghancurkan Agama, Merusak diri sendiri dan MENJUAL AKHIRAT DENGAN DUNIA)".

NAUDZUBILLAH.

* Sumber :
Dr. ADIAN HUSAINI, M.A, "Hegemoni Kristen-Barat dalam Studi Islam di Perguruan Tinggi", Gema Insani Press, 2006.

Drs. HARTONO AHMAD JAIZ, "Ada Pemurtadan di IAIN/UIN", Pustaka Al-Kautsar, 2005.

Wallahu a'lam bishawab.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

FACEBOOK.
Search : TAHUKAH KITA.

www.tahukahkita-blog.blogspot.co.id

 

Dikutip dari             : Muslim Djamil

Penulis                   : -
 

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share.  Lets change the world together saudaraku !...



Comments