Quotes

  • IKHLAS adalah Kepasrahan, bukan mengalah apalagi menyerah kalah

  • Solusi untuk setiap masalah adalah dengan Sabar dan Istighfar

  • Kesalahan terburuk kita adalah tertarik pd kesalahan orang lain

  • “Hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.” (Q,S Yusuf: 86)

  • Kegelisahan akan hilang saat shalat dimulai

DI BALIK KESUSAHAN ADA KEMUDAHAN Oase Iman


 

Suatu hari ada seorang  pengusaha yang bernama Khalid bermaksud mengadakan perjalanan bisnis keluar pulau. Bisnis ini sangat penting bagi kemajuan  perusahaannya. Ketika hendak ke bandara tiba-tiba teleponnya berdering. Rupanya Haji Somad yang merupakan tetangganya minta tolong untuk diantar karena arah tujuan Pak Haji Somad juga menuju ke bandara. Karena arahnya sama maka Pak Khalid setuju untuk mengantar Pak Haji Somad. Kebetulan juga cuaca pada saat itu agak mendung.
 
Di perjalanan mereka ngobrol tentang berbagai hal... tiba-tiba terdengar suara Adzan Dhuhur bergema maka Pak Haji Somad meminta Pak Khalid untuk berhenti dan melaksanakan sholat Dhuhur secara berjamaah. Ketika mendengar hal itu Pak khalid melirik jam tangannya dan dia perhatikan kayaknya kalau dia melaksanakan sholat Dhuhur berjamaah maka dia akan ketinggalan pesawat... dan bisnis bisa berantakan.
 
Dengan terpaksa Pak Khalid berhenti dan sholat berjamaah Dhuhur dengan Pak Haji Somad. Tapi rasa was-was terus mengelayuti hatinya ketika sholat... "Apakah saya tidak terlambat?" tanyanya dalam hati.
 
Setelah selesai sholat dan mengantar Pak Haji Somad... maka Pak Khalid memerintahkan sopirnya memacu mobilnya ke bandara mengejar pesawat yang akan dia tumpangi.
Tapi apa daya... pesawatnya telah berangkat. Pak Khalid terlambat. Gagal-lah bisnis besar yang akan dia bahas dengan kliennya dan betapa jengkel dan marahnya Pak Khalid kepada Pak Haji Somad. Dia merasa gara-gara Pak Haji Somad hancurlah perjalanan bisinisnya. Dia berkata kepada sopirnya, "Gara-gara Pak Haji Somad perjalanan bisnis kita hancur dan hancurlah keuntungan besar kita!"

Terus menerus Pak Khalid mengeluh dan marah-marah. Tiba-tiba teleponnya berdering. Ketika dia lihat ternyata boss-nya yang menelepon. Dengan perasaan berat dia mengangkat teleponnya sambil berkata dalam hati, 'Mungkin saya akan kena marah karena gagal mengemban tugas dari perusahaan.'

 
"Assalamu alaikum, bisa bicara dengan Pak Khalid?" tanya Pak Boss.
"Allaikumsalam. Ini saya, Pak! Khalid," jawab Pak Khalid.
"Apa betul ini Pak Khalid?" tanya Pak Boss lagi
"Iya, Pak. Saya Khalid dan ini nomor saya," kata Pak Khalid lagi.
"Betul ini dengan Khalid?" tanya Pak Boss lagi dengan sedikit keheranan.
"Iya, Pak. Saya minta maaf, Pak, saya tidak berangkat karena ketinggalan pesawat,." katanya.
"Alhamdulillah... Syukur kau terlambat! Pesawat yang hendak kau tumpangi tadi jatuh menabrak gunung karena cuaca yang tidak mendukung dan semua penumpangnya meninggal... Ini beritanya di TV!" seru Pak Boss dengan perasaan senang.
"Apa? Jatuh?" balas Pak Khalid tak percaya
"Iya!" jawab Pak Boss.
"Alhamdulillah! Untung Pak Haji Somad mengajak saya sholat berjamaah sehingga saya terlambat," katanya, "Kalau tidak... mungkin saya sudah meninggal!" katanya lagi.
 
Dengan perasaan senang Pak Khalid memuji Pak Haji Somad... Padahal baru beberapa menit yang lalu dia mengeluh dan menyalahkan Pak Haji Somad atas keterlambatannya...

Ajaib... Allah berkehendak atas Kehendak-Nya!


 
Tak selamanya sesuatu yang kelihatan buruk itu mengandung keburukan...
Tapi terkadang mengandung kebaikan dari Allah Azza Wa Jalla...
Dibalik kesusahan ada kemudahan...
 

 

Dikutip dari             : ceritaulama.com

Penulis                   : -
 

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share.  Lets change the world together saudaraku !...



Comments