Quotes

  • IKHLAS adalah Kepasrahan, bukan mengalah apalagi menyerah kalah

  • Solusi untuk setiap masalah adalah dengan Sabar dan Istighfar

  • Kesalahan terburuk kita adalah tertarik pd kesalahan orang lain

  • “Hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.” (Q,S Yusuf: 86)

  • Kegelisahan akan hilang saat shalat dimulai

MENCOBA MEMAHAMI HUBUNGAN ANTARA AMAL DAN JANJI SURGA Oase Iman


 

Bismillahirrohmaannirrohiim.

"MENCOBA MEMAHAMI HUBUNGAN ANTARA AMAL DAN JANJI SURGA"

Ikhwah fiillah anu balageur sholeh dan sholehah...

Kita telah memahami bahwasanya AMAL sebagai penyebab adanya balasan surga. Hanya saja, kita TIDAK BOLEH berbangga diri dengan amal kita sendiri. Karena di sana pasti ada peran RAHMAT Allah, sebagaimana Rasululloh saw bersabda : "Lam yudkhilu ahadan minkum a'malu al jannata wa laa yujiruhu min-nari ;  Wa laa anaa illa birahmatin minallohi" = 
"Amal tidak akan memasukkan seseorang di antara kalian ke surga dan tidak pula ke neraka. Demikian juga saya, kecuali dengan rahmat Allah". (HR. Muslim).

Ikhwah fiillah...
Dalam hadits di atas, Rosululloh saw mengajarkan kepada umatnya untuk TIDAK MEMAHAMI hubungan amal dan surga sebagai MU'AWADLAH (timbal balik, balas jasa, atau ganti rugi). Hal ini disebabkan karena :

1). Allah sama sekali TIDAK BUTUH terhadap amal kita, tidak seperti seorang majikan yang butuh kepada JASA para pekerjanya.
Amal manusia untuk manusia sendiri, karena seandainya semua manusia tidak beramal, maka Allah akan tetap sebagai yang Mahakuasa,Mahaperkasa, dan  tidak akan mengurangi sedikitpun kemuliaan-Nya, juga kesucian-Nya... Subhanalloh... !!!

2). Amal seorang manusia setinggi dan sehebat apapun, tidak akan sebanding dengan nilai pahala yang diberikan Allah kepada manusia, sebab Allah telah melipatgandakannya, mulai dari 10x lipat, 700x lipat, bahkan dengan kelipatan yg tidak terbatas... Allohu Akbar... Allah Mahabaik..

3). Nikmat dan kesenangan yang telah diberikan Allah kepada manusia selama di dunia, MUSTAHIL manusia mampu membayarnya.... pasti tekor parah... Astagfirullah al azhiim.. !!!

4). Manusia selalu diliputi DOSA dan KESALAHAN.
Naaah... seandainya saja tidak ada ampunan Allah dan kebijaksanaan-Nya untuk hanya MEMPERTIMBANGKAN amalan yg baik2 saja, dengan mengenyampingkan amal jeleknya, tentu manusia TIDAK MUNGKIN masuk ke dalam surga.

Laa hawla wa laa quwwata illa billah...

Wallohu a'lam bishowwab.

Semoga bermanfaat...
Salam silaturrahim..

Cikole, 17 Rabi'ul Awwal 1439 H.

 

Dikutip dari             : Asep Rukhiyat

Penulis                   : -
 

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share.  Lets change the world together saudaraku !...



Comments