Quotes

  • IKHLAS adalah Kepasrahan, bukan mengalah apalagi menyerah kalah

  • Solusi untuk setiap masalah adalah dengan Sabar dan Istighfar

  • Kesalahan terburuk kita adalah tertarik pd kesalahan orang lain

  • “Hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.” (Q,S Yusuf: 86)

  • Kegelisahan akan hilang saat shalat dimulai

KEMUNDURAN UMAT ISLAM Oase Iman


 

Berabad abad sebelumnya, Umat Islam dunia pernah mengalami zaman keemasan dan kejayaan hingga membuat cengang mata dunia. 
Sebuah Simposium internasional oleh Lembaga Reset Al Azhar University, Cairo (1977), dikemukakan bahwa;

Kemunduran umat Islam bisa terjadi disebabkan 6 faktor;
1⃣   Dzo'ful iman ( lemahnya kualitas iman internal muslim, mudah dirayu² hanya kepentingan sesaat).

2⃣   Dzo'ful 'ilmi ( lemah dalm bidan pengembangan ilmu,( sain dan teknologi), 
Perbandingan jumlah ilmuwan muslim dunia jauh tertinggal. Statistik internasional (1977) sarjana ahli muslim  sedunia ± 5.000 sarjana ahli. Sementara dibanding dg satu negara Jepang, saat itu sudah mncapai 67.000 sarjana ahli, belum negara² lain.

3⃣   Dzo'fu al iqtishodiyah ( lemah dan terseok seoknya  dalam bidang ekonomi )

4⃣  Dzo'fu al tanasub wal ijtima'iy ( lemahnya kesetiakawanan internal muslim), lihat di Indonesia saja,  baju organisasi dan partainya lebih menonjol ketimbang semangat Ukhwahnya antar sesama saudara muslim.

5⃣   Dzo'ful jihad ( semangat juang dan dakwah melemah, mudah disetir, dakwah model remote, ssuai dengan pesanan).

6⃣   Dzo'ful khuluq, ( rentannya moralitas /akhlaq umat Islam).
 

Menurut prof. Darros ( sarjana muslim, Mesir, 1977), dari ke-enam aspek tersebut, puncaknya adalah karena ambruknya tingkat AKHLAQUL KARIMAH.

Bagaimana cara memperbaiki rusaknya AKHLAQUL KARIMAH ?...... INTINYA HARUS  KEMBALI KEPADA WARISAN 
SUCI ALQUR'AN.

Kita tidak tahu, kenapa di negeri kita ini, hari2 dakwah dikumandangkan, lewat berbagai mass media, cetak maupun elektronika termasuk di dunia maya, medsos, namun tetap merajalelanya dekadensi moral, dan kekerasan dimana2 ?.... Terasa tidak berimbangnya MAU'IDHOTUL HASANAH & USWATUN HASANAH.

Menbanjirnya MAU'IDHOH², tetapi kering kerontangnya USWATUN HASANAH, oleh siapa?...... Oleh kita dan para pemimpin kita.

kenapa itu bisa terjadi?...... Karena Alquran hanya sebuah konsep, teori, tidak dalam pratik aplikasi.

Sebagai penutup tanggapan tulisan di atas, kita saling mengingatkan, tegakkan Komitmen kita terhadap Islam (bc: Al qur'an);
1⃣.   imani Al quran,
2⃣.   Pelajari, pahami dan amalkan isi  alqur'an.
3⃣.   Dakwahkan Alquran.

Wallohu a'lam.

Tambahan

وَلْيَخْشَ ٱلَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا۟ مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَٰفًا خَافُوا۟ عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَلْيَقُولُوا۟ قَوْلًا سَدِيدًا
Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.
(An-Nisa',4:9)

وَإِن تُطِعْ أَكْثَرَ مَن فِى ٱلْأَرْضِ يُضِلُّوكَ عَن سَبِيلِ ٱللَّهِ ۚ إِن يَتَّبِعُونَ إِلَّا ٱلظَّنَّ وَإِنْ هُمْ إِلَّا يَخْرُصُونَ
Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah).
(Al-An'am, 6:116)

وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى ٱللَّهُ وَرَسُولُهُۥٓ أَمْرًا أَن يَكُونَ لَهُمُ ٱلْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ ۗ وَمَن يَعْصِ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَٰلًا مُّبِينًا
Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata.
(Al-Ahzab, 33:36)


 

Dikutip dari             : Muslim Djamil

Penulis                   : -
 

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share.  Lets change the world together saudaraku !...



Comments