Quotes

  • IKHLAS adalah Kepasrahan, bukan mengalah apalagi menyerah kalah

  • Solusi untuk setiap masalah adalah dengan Sabar dan Istighfar

  • Kesalahan terburuk kita adalah tertarik pd kesalahan orang lain

  • “Hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.” (Q,S Yusuf: 86)

  • Kegelisahan akan hilang saat shalat dimulai

DIET ALA SYIAH Editorial



 

BANYOLAN SYIAH

DIET ALA SYIAH


Pernyataan Al-Majlisi dalam kitab Bihaar Al-Anwaar bahwa para imam syiah mengetahui seluruh keahlian, seluruh profesi, seluruh teknologi, seluruh bidang kesehatan, dan lain-lain.
Karenanya jika seorang imam di tanya tentang sesuatu maka tidak boleh menyatakan “tidak tahu.

Selain itu, seorang mengetahui seluruh ilmu gaib, ilmu masa lalu dan masa depan, yang konsekuensinya harus mengetahui seluruh teknologi dan ilmu kedokteran, serta ilmu kesehatan, baik masa lalu maupun masa depan.
Oleh karena itu, tidak heran di zaman ini orang-orang berusaha mencari obat diet yang cocok dan mantap untuk bisa menurunkan berat badan, baik obat herbal maupun obat kimia. Namun hingga saat ini belum ditemukan obat diet yang cocok dan menyenangkan. Untuk diet pasti perlu pengorbanan dan menjalani aturan-aturan dalam mengkonsumsi makanan.

Ternyata...
Obat diet yang mudah dan menyenangkan telah ditemukan oleh pendeta syiah sejak dahulu. Sulaiman bin Ja’far Al-Ja’fari (dari keturunan Ja’far bin Abi Thalib Ath-Thayyar, lihat biografi di Rijaal An- Najaasyi hlm, 179-180. No.483), tentu hal ini tidak mengherankan, karena sangat mungkin “teknologi diet” telah diwariskan dari para pendeta syiah. Seperti yang ada dalam kitab yang paling shohih menurut syiah, yaitu kitab Al-Kaffi karya Al-Kulaini :
Dari Salman Al-Ja’fary, ia berkata : “Barangsiapa yang ingin gemuk maka hendaknya ia masuk al-hammaam (kamar mandi) sehari dan tidak masuk sehari. Dan barang siapa yang ingin kurus dan ia adalah orang yang banyak dagingnya (gemuk) maka hendaknya ia masuk kamar mandi setiap hari” (Al-Kaafi 5/513).

Dalam riwayat lain yang menunjukan ilmu diet ini ternyata warisan warisan dari imam syiah!
Sulaiman Al-Ja’fary berkata : aku sakit hingga tubuhku kurus, maka akupun menemui imam Ali Ar-Ridha maka ia berkata kepadaku : “Apakah engkau senang jika tubuh kembali tidak kurus ?” aku berkata : “tentu” ia berkata : “hendaknya engkau ke hammam (kamar mandi) sesekali maka dagingmu akan kembali, dan jangan sampai engkau sering ke hammaam. Karena sering ke hammaam akan mengakibatkan penyakit paru-paru (batuk kering).” (Al-Kaafi 6/511).
Inilah resep yang luar biasa dari imam syiah jika ingin diet, mau kurus maka sering-seringlah ke hammaam dan kalau ingin gemuk jangan sering-sering ke hammaam. Sayang kenapa para dokter modern tidak belajar sama imam syiah untuk menimba ilmu diet.

Catatan : Yang dimaksud dengan hammaam dalam istilah ulama terdahulu bukanlah kamar mandi biasa, tetapi kamar mandi yang khusus untuk kamar mandi, bukan untuk buang hajat.

 

Dikutip dari             : Buku Banyolan Syi’ah Imamiyah​ / Penyadur : ANNAS Media

Penulis                   : Firanda Andirja Abidin, Lc.,MA
 

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share.  Lets change the world together saudaraku !...

 



Comments