Quotes

  • IKHLAS adalah Kepasrahan, bukan mengalah apalagi menyerah kalah

  • Solusi untuk setiap masalah adalah dengan Sabar dan Istighfar

  • Kesalahan terburuk kita adalah tertarik pd kesalahan orang lain

  • “Hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.” (Q,S Yusuf: 86)

  • Kegelisahan akan hilang saat shalat dimulai

BAHAYA PSIKOPAT Oase Iman


 

Definisi Psikopat

Psikopat berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan pathos yang berarti penyakit. Psikopat adalah kelainan tingkah laku, khususnya berbentuk tingkahlaku yang anti sosial, yaitu tidak memperdulikan norma-norma sosial. Orang yang bersangkutan seolah olah tidak mempunyai ‘hati nurani’, ia berbuat semaunya sendiri tanpa mempertimbangkan kepentingan orang lain.

Dalam ilmu kedokteran psikopat adalah suatu gangguan kepribadian yang ditandai dengan sikap tidak sensitif, kasar, manipulatif, mencari sensasi dan antisosial.

Ciri Psikopat :

1. Tidak Memiliki Rasa Malu

Rasulullah Saw bersabda ; “Rasa malu dan iman itu terikat menjadi satu. Jika yang satu hilang maka yang lain juga hilang” (HR. Hakim).

2. Tidak Merasa Bersalah

Allah Swt berfirman ; “Dan janganlah kamu campuradukan kebenaran dengan kebatilan dan (janganlah) kamu sembunyikan kebenaran, sedang kamu mengetahuinya”. (QS. Al-Baqarah : 42).

3. Terang terangan Melakukan Kesalahan

Rasulullah Saw bersabda ; “Setiap umatku akan terampuni kecuali al mujahirun (orang yang terang terangan berbuat dosa). Diantara bentuk terang terangan dalam bermaksiat adalah seorang bermaksiat dimalam hari, Allah telah menutupinya dipagi hari, namun ia justru mengatakan, “Hai fulan semalam saya melakukan ini dan itu”. Ia melewati malam dalam keadaan Allah menutupi dosanya, namun masuk pagi, ia justru menyingkap tutup Allah darinya”. (HR. Al Bukhari dan Muslim).

4. Berlaku Kasar dan Keras

Rasulullah Saw bersabda ; “Sesungguhnya penduduk neraka adalah semua orang yang kasar lagi keras, orang yang bergaya sombong didalam jalannya, orang yang bersombong, orang yang banyak mengumpulkan harta, orang yang sangat bakhil, adapun penduduk syurga adalah orang-orang yang lemah dan terkalahkan”. (HR. Ahmad dan Al-Hakim).

“Maukah aku kabarkan siapa penghuni neraka ? Merekalah orang yang kasar, tak sabaran lagi sombong”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

5. Suka Mengadu Domba

Allah Swt berfirman ; “Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina, yang banyak mencela, yang kian kemari menghambur fitnah, yang banyak menghalangi perbuatan baik, yang melampaui batas lagi banyak dosa”. (QS. Al-Qalam : 12).

Dari Abdullah bin Mas’ud sesungguhnya Muhammad Saw bersabda, “Maukah kuberitahukan kepada kalian apa itu al’adhhu ? itulah namimah, perbuatan menyebar berita untuk merusak hubungan diantara sesama manusia”. (HR. Muslim).

 

Sebab Psikopat :

 

1. Adanya Godaan Syetan

Allah Swt berfirman ; “Dan Aku benar benar akan menyesatkan mereka dan akan membangkitkan angan angan kosong pada mereka dan menyuruh mereka (memotong telinga telinga binatang ternak), lalu mereka benar benar memotongnya dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar benar mereka merubahnya. Barang siapa yang menjadikan syetan pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata”’ (QS. An-Nisa : 119).

2. Kebodohan

Allah Swt berfirman ; “Bahwasanya barang siapa diantara kalian yang berbuat keburukan dengan kejahilan, kemudian ia bertobat setelah mengerjakannya dan mengadakan perbaikan, maka sesungguhnya Allah maha pengampun lagi maha penyayang”. (QS. Al-An’aam : 54).

3. Memiliki Hawa Nafsu

Allah Swt berfirman ; “Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku maha pengampun lagi maha penyayang (QS. Yusuf : 53).

4. Berpaling Dari Kebenaran

Allah Swt berfirman ; “Maka tatkala mereka berpaling (dari kebenaran), Allah memalingkan hati mereka; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada kaum yang fasik”. (QS. As-Shaf : 5).

 

Ancaman Bagi Pelaku Psikopat

Allah Swt berfirman ; “Maka hendaklah orang orang yang menyalahi perintahNya takut akan ditimpa cobaan atau ditimpa azab yang pedih”. (QS. An-Nur : 63).

“Maka masing-masing (mereka itu) kami siksa disebabkan dosanya, maka diantara mereka ada yang kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil dan diantara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur, dan diantara mereka ada yang kami benamkan kedalam bumi, dan diantara mereka ada yang kami tenggelamkan, dan Allah sekali kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri’. (QS. Al-Ankabut : 40).

“Sesungguhnya pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di bumi, hanyalah mereka dibunuh atau disalib, atau dipotong tangan dan kaki mereka dengan bertimbal balik, atau dibuang dari negeri (tempat kediamannya). Yang demikian itu (sebagai) suatu penghinaan untuk mereka didunia, dan diakhirat mereka beroleh siksaan yang besar”. (QS. Al-Maidah : 33).  

Arif Rahman Hakim

 

*********************************************************************

Salurkan donasi antum untuk menjaga Aqidah Umat dalam berbagai Program ANNAS FOUNDATION

Ke No. Rek. an. ANNAS FOUNDATION
Bank Muamalat :
129 000 3048 (Wakaf)
129 000 3049 (Shodaqoh)
129 000 3050 (Zakat)

Bank Mandiri :
13000 41 3000 40 (Wakaf)
13000 51 3000 54 (Shodaqoh)
13000 41 3000 57 (Zakat)

Hubungi Hot Line Kami 
Di 081 12345 741

Atau Bisa Langsung Ke Kantor Kas ANNAS Foundation 
Di Jl. CIJAGRA RAYA NO 39 
BANDUNG
Senin sd Sabtu 09.00 sd 15.30


#ANNAS
#SyiahbukanIslam
#JundullahANNAS
#GEMAANNAS
#GARDAANNAS
#ANNASFoundation

#ANNASINDONESIA
 

Dikutip dari             : Muslim Djamil

Penulis                   : -
 

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share.  Lets change the world together saudaraku !...



Comments