Quotes

  • IKHLAS adalah Kepasrahan, bukan mengalah apalagi menyerah kalah

  • Solusi untuk setiap masalah adalah dengan Sabar dan Istighfar

  • Kesalahan terburuk kita adalah tertarik pd kesalahan orang lain

  • “Hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.” (Q,S Yusuf: 86)

  • Kegelisahan akan hilang saat shalat dimulai

DIBUTUHKAN KEBANGKITAN UMMAT Nasional


 

Mei Sutrisno Ph.D

Dalam sirah Nabawiyyah menunjukkan bahwa kondisi-kondisi sulit telah membangkitkan persatuan umat Islam. Ada beberapa peristiwa yang bisa menjadi inspirasi bagi generasi saat ini. Yang pertama adalah terjadinya sumpah setia ‘Baiatur-Ridwan’. Ini terjadi setelah rombongan ummat Islam dilarang masuk Makkah untuk umrah, ditahan di Hudaibiyyah. Dalam keadaan yang dikecewakan karena kafir Quraisy menghalangi ibadah umrah, ditambah dengan berita ditangkapnya Utsaman bin Affan sebagai duta ummat Islam, walau akhirnya berita tersebut tidak benar, tapi telah membangkitkan persatuan ummat Islam bersumpah setia melawan musuh sampai titik darah penghabisan. Dan ternyata mendapat ridlo Allah dengan jaminan surga, peristiwa itu hanya membangkitkan kesadaran yang terinjak oleh ketidakadilan.

Peristiwa kedua, persatuan ummat Islam adalah ketika akan diserang kelompok Ahzab, gabungan beberapa kabilah yang memusuhi Islam. Dalam musyawarah, disimplkan bahwa cara terbaik adalah mengikuti pendapat Salman untuk menggali parit yang cukup lebar dan dalam agar kuda musuh tidak bisa menyeberang. Di saat sulit itulah mereka bersatu padu menggali parit mempertahankan diri. Sulitnya keadaan dan sempitnya persediaan makanan menjadikan mundurnya orang-oran munafik, terlepas topeng kebohongan mereka. Sebaliknya keadaan sulit telah mempersatukan ummat berkat kepemimpinan Rasulullah SAW. Hasil persatuan itulah terbangun parit yang menghalangi pasukan Ahzab yang sangat besar bila dibanding pasukan ummat Islam. Kesulitan itu hanya skenario Allah mempersatukan ummat Islam karena kemenangan sebenarnya adalah atas pertolongan-Nya yang memporakporandakan kemah-kemaah mereka. 

Peristiwa ketiga adalah dari dalam negeri, peristiwa heroik 10 November 1945 ketika tentara sekutu yang diboncengi oleh tentara Inggris akan membungi hanguskan kota Surabaya bila tidak menyerah. Fatwa Kyai Hasyim Asy’ari membangkitkan semangat arek-arek Suroboyo diiringi dengan pekik takbir bung  Tomo. Hanya dengan bambu runcing dan senjata pampasan tentara Jepang seadanya mereka berhasil mengalahkan tantara Inggris yang bersenjata modern. Kemenangan itu tak masuk akal,  tapi benar-benar terjadi, kejadian yang luar biasa. Ini juga mengingatkan kita bahwa sesungguhnya kehendak Allah yang mempersatukan ummat Islam. Fatwa dan pekik takbir hanyalah gerak hati menyambut keinginan rakyat yang ingin melepaskan dari penjajah yang disambut oleh Allah dengan pertolongan-Nya. 

Saat ini adalah masa-masa sulit yang dialami bangsa Indonesia dengan mayoritas ummat Islam. Sudah cukup lama rakyat menunggu jalinan tangan ulama dan pemimpin ksatria yang bisa menyatukan jutaan tangan ummat membentuk barisan untuk membebaskan kesulitan rakyat. Musyawarah persatuan dibutuhkan untuk menentukan cara membongkar masalah, membangun solusi. Bisa jadi dalam musyawarah bersama akan terungkap siapa-siapa yang hanya bertopeng atas nama negeri, tapi hanya mementingkan diri sendiri.  Mulailah dari unit-unit kecil dilingkungan sendiri yang segera membesar dengan pertolongan Allah, Yang Maha-Azis. Semoga Allah segera membangunkan kesadaran para pemimpin negeri untuk menyelesaikan derita anak bangsa di negeri sendiri. Aamiin.

 

*********************************************************************

Salurkan donasi antum untuk menjaga Aqidah Umat dalam berbagai Program ANNAS FOUNDATION

Ke No. Rek. an. ANNAS FOUNDATION
Bank Muamalat :
129 000 3048 (Wakaf)
129 000 3049 (Shodaqoh)
129 000 3050 (Zakat)

Bank Mandiri :
13000 41 3000 40 (Wakaf)
13000 51 3000 54 (Shodaqoh)
13000 41 3000 57 (Zakat)

Hubungi Hot Line Kami 
Di 081 12345 741

Atau Bisa Langsung Ke Kantor Kas ANNAS Foundation 
Di Jl. CIJAGRA RAYA NO 39 
BANDUNG
Senin sd Sabtu 09.00 sd 15.30


#ANNAS
#SyiahbukanIslam
#JundullahANNAS
#GEMAANNAS
#GARDAANNAS
#ANNASFoundation

#ANNASINDONESIA
 

Dikutip dari             : -

Penulis                   : Ir. Mei Sutrisno, M.Sc, Ph.D.
 

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share.  Lets change the world together saudaraku !...



Comments

Donasi