Quotes

  • IKHLAS adalah Kepasrahan, bukan mengalah apalagi menyerah kalah

  • Solusi untuk setiap masalah adalah dengan Sabar dan Istighfar

  • Kesalahan terburuk kita adalah tertarik pd kesalahan orang lain

  • “Hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.” (Q,S Yusuf: 86)

  • Kegelisahan akan hilang saat shalat dimulai

SELAMATKAN PENDIDIKAN ANAK BANGSA Nasional


 

Mei Sutrisno

Peradaban Indonesia masa depan tergantung kualitas generasi mudanya, maka selamatkan pendidikan anak bangsa. Ahlak mulia adalah pondasi peradaban, maka harus senantiasa dikuatkan.

Sedikitnya terdapat lima Konsep Pendidikan Generasi Muda tertuang dalam Al Qur’an
Pertama, generasi muda perlu dilandasi ahlak tauhid, meninggalkan syirik (Qs 17:22; 31:13). Sangat tidak elok ketaatan kepada-Nya, tergantikan dengan tunduk kepada selain-Nya. Syirik adalah perbuatan rendah karena bermula dari kebodohan dan mengejar materi duniawi sehingga melupakan kekuasaan Ilahi Yang Maha-menghidupi.  Untuk itu kuatkan tauhid, Laa ilaha illallah, ikrar teguh bahwa tidak ada kepatuhan selain kepada-Nya. Kemudian, konsisten patuh menjalani aturan-Nya sehingga selamat duniawi dan akhirati. 

Kedua, generasi muda mulia yang membawa bahagia adalah mereka yang patuh kepada orang tuanya (Qs 31:14-15; 17:23-24). Allah mewajibkan seorang anak berbakti kedua orang tuanya, terutama ibu yang telah mengandungnya. Hanya orang tua yang menyuruhnya berlaku syirik, ajakan rendah yang boleh ditolaknya, tetapi tetap menghargai hubungan pribadi kepada mereka. Hanya pendidikan yang yang tidak bertentangan dengan kepatuhan kepada-Nya yang patut diikuti. 

Ketiga, generasi muda kuat adalah yang bertanggungjawab. Semua perbuatan baik atau buruk sekecil apapun yang terang-terangan dan tersembunyi tetap dipertanggungjawabkan di masyarakat dan di yaumil hisab (Qs 31:16; 17:25). Peserta dididik bertanggungjawab dan pengelola pendidikan bertanggungjawab lebih besar, meliputi semua yang ada dikelolanya. Bersihkan pemikiran generasi muda dari sifat tercela. Jauhkan dari kemauan nafsu syahwat antar mereka, hapuskan perusakan dengan cara nikah mut’ah. Bila semua yang berdasar suka sama suka dibiarkan, maka rusaklah ahlak anak bangsa karena hawa nafsu syaithoniyyah. Merdeka belajar bukan belajar bebas semaunya, tetapi tetap dalam aturan-Nya. Para pengelola yang makar dan pelaku munkar terhadap aturan Allah akan direndahkan martabatnya dan disediakan azab oleh-Nya (Qs 6:123).

Keempat, jadikan generasi muda yang peduli syariat dengan menegakkan sholat dan juga peduli dengan kebaikan lingkungannya menyuruh berbuat ma’ruf, serta melarang perbuatan munkar (Qs 31:17).  Lebih dari itu, tidak sombong dan santun dalam tindak serta ucapan (Qs 31:18-19). Dengan  pendidkan seperti ini akan terbentuk generasi muda yang mempunyai ahlak seimbang antara jiwa ibadah kepada Allah dan jwa sosial kepada masyarakatnya sehingga mampu membentuk keadilan tanpa penindasan (Qs 16:90; 17:26). 

Kelima, generasi muda yang berkemampuan sains dan teknologi untuk mengolah alam sehingga bermanfaat bagi kehidupan (Qs 45:13; 14: 32-33; 16:5,14; 35:12). Dengan kemampuan ini generasi muda akan mampu mewujudkan kemakmuran. Lebih dari itu juga membentuk generasi muda yang peduli akan kelestarian alam sehingga terbentuk kenyamanan hidup bersama lingkungan (Qs 7:56; 30:41). 

Itulah konsep pendidikan yang perlu ditegakkan untuk kebahagiaan dunia-akhirat, lahir-batin, pribadi dan keluarga baik di lingkungan sendiri, masyarakat, negara maupun di alam luas. Semoga Allah memberi kekuatan dan hidayah kepada semua pemangku kepentingan serta masyarakat peduli pendidikan untuk menegakkan konsep pendidikan yang benar sehingga tercipta generasi muda handal di masa depan. Aamiin.

 

*********************************************************************

Salurkan donasi antum untuk menjaga Aqidah Umat dalam berbagai Program ANNAS FOUNDATION

Ke No. Rek. an. ANNAS FOUNDATION
Bank Muamalat :
129 000 3048 (Wakaf)
129 000 3049 (Shodaqoh)
129 000 3050 (Zakat)

Bank Mandiri :
13000 41 3000 40 (Wakaf)
13000 51 3000 54 (Shodaqoh)
13000 41 3000 57 (Zakat)

Hubungi Hot Line Kami 
Di 081 12345 741

Atau Bisa Langsung Ke Kantor Kas ANNAS Foundation 
Di Jl. CIJAGRA RAYA NO 39 
BANDUNG
Senin sd Sabtu 09.00 sd 15.30


#ANNAS
#SyiahbukanIslam
#JundullahANNAS
#GEMAANNAS
#GARDAANNAS
#ANNASFoundation

#ANNASINDONESIA
 

Dikutip dari             : -

Penulis                   : Ir. Mei Sutrisno, M.Sc, Ph.D.
 

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share.  Lets change the world together saudaraku !...



Comments

Donasi