Quotes

  • IKHLAS adalah Kepasrahan, bukan mengalah apalagi menyerah kalah

  • Solusi untuk setiap masalah adalah dengan Sabar dan Istighfar

  • Kesalahan terburuk kita adalah tertarik pd kesalahan orang lain

  • “Hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.” (Q,S Yusuf: 86)

  • Kegelisahan akan hilang saat shalat dimulai

JIWA IBRAHIM DAN ISMAIL DALAM PERSATUAN Oase Iman


 

Mei Sutrisno Ph.D

Empat perspektif penting di bulan Zulhijah yang bisa dijadikan ibroh, yakni tgl  8-13 Zulhijjah sebagai hari Tarwiyah,  Arafah, Iedul Qurban dan Tasyrikh. Perpektif pertama adalah Tarwiyah yang melambangkan proses nabi Ibrahim a.s. dalam mencari keyakinan atas keraguan mengambil langkah. Ini terjadi setelah beliau mendapat mimpi  berupa ‘perintah untuk menyembelih putra beliau Ismail’. Berkecamuk berbagai perasaan di dada nabi Ibrahim a.s, sehingga tahap awal dalam menghadapi masalah adalah berpikir dan memohon petunjuk kepada Allah. 

Perspektif kedua adalah arofah, yang merupakan datangnya pengetahuan sebagai out-put dari proses pikir dan doa berupa hidayah dari Allah. Pada tanggal 9 Zulhijjah nabi Ibrahim a.s mendapat mimpi lagi sebagai hidayah, penegasan dari mimpi pertama. Hidayah Allah adalah puncak dari ilmu pengetahuan bagi manusia sehingga manusia bisa beramal dengan kebenaran. Selanjutnya arofah dijadikan sebagai puncak ibadah haji, yakni berupa wukuf. Prosesi wukuf di Arofah sebagai symbol berkumpulnya manusia di padang mahsyar pada hari kebangkitan untuk menunggu hisab amal mereka. Arofah adalah ilmu yang mendorong manusia untuk mempersiapkan Langkah penting mempersiapkan yaumil hisab, yakni bekal amal sholeh semasa hidup di dunia. 

Perspektif ketiga adalah Hari Raya Iedul Qurban. Pada tanggal 10 Zulhijjah, Allah menunjukkan Sifat-Nya sebagai Al-Haqq, Ar-Rahman-Ar-Rahim, yang tidak akan memberi perintah yang salah kepada hamba-Nya. Ketika Ibrahim a.s. telah ridlo mengikuti perintah-Nya menyembelih Ismail a.s. yang sabar dan taat, Dia mengganti obyek penyembelihan dengan domba yang besar. Ibrahim a.s telah lulus ujian, prosesi ini selanjutnya menjadi syariat qurban sebagai sarana Allah menabur rahmat-Nya. Qurban telah mempersatukan sesama ummat Islam dalam suatu prosesi bersama bahkan juga berbagi kebahagiaan dengan ummat lainnya. Perpektif qurban berlanjut kepada perspektif Tasrikh, yang merupakan lambang kebahagiaan seluruh ummat selama tiga hari berturut-turut sebagai kelanjutan hari Raya Qurban. Ini  merupakan barokah dari perjuangan nabi Ibrahim dan Ismail alayhisalama. 

Empat perspektif di atas menjadi pelajaran besar dalam suasana pandemi saat ini, yakni seperti sulitnya masa tarwiyah. Saat ini membutuhkan proses berpikir, ikhtiar dan berdoa untuk menyongsong hidayah-Nya. Kesulitan yang ada adalah satu trigger agar ummat Islam mau berpikir. Peran ulama pemikir mengambil peran Ibrahim a.s, adapun ummat yang sabar dan ridlo menjalani perintah Allah mewakili peran Ismail. Ummat Islam Indonesia perlu mawas diri dalam menghadapi kesuliatan saat ini yang terlihat lebih sebagai obyek, yang kurang berperan. Padahal sebagai umat mayoritas seyogyanya menempati sebagai subyek yang berperan penting. 

Ummat Islam saat ini perlu mempererat ukhuwah sehingga bisa menampikan pemimpin seperti Ibrahim, yakni pribadi sholeh dan mampu berpikir secara intelektual. Sementara sebagai umat perlu meneladani peran Islamil yang sabar dan taat dalam komando satu warna kepemimpinan dan tidak berpecah belah. Tegaknya ukhuwah akan membawa persatuan ummat sehingga memunculkan pemimpin islami yang mengantarkan kepada kesejahteraan yang berkelanjutan. Semoga Allah akan memberi pertolongan seiring dengan usaha ummat Islam sehingga membawa kesejahteraan lahir batin bagi seluruh rakyat Indonesia. Aamiin.

 

*********************************************************************

Salurkan donasi antum untuk menjaga Aqidah Umat dalam berbagai Program ANNAS FOUNDATION

Ke No. Rek. an. ANNAS FOUNDATION
Bank Muamalat :
129 000 3048 (Wakaf)
129 000 3049 (Shodaqoh)
129 000 3050 (Zakat)

Bank Mandiri :
13000 41 3000 40 (Wakaf)
13000 51 3000 54 (Shodaqoh)
13000 41 3000 57 (Zakat)

Hubungi Hot Line Kami 
Di 081 12345 741

Atau Bisa Langsung Ke Kantor Kas ANNAS Foundation 
Di Jl. CIJAGRA RAYA NO 39 
BANDUNG
Senin sd Sabtu 09.00 sd 15.30


#ANNAS
#SyiahbukanIslam
#JundullahANNAS
#GEMAANNAS
#GARDAANNAS
#ANNASFoundation

#ANNASINDONESIA
 

Dikutip dari             : -

Penulis                   : Ir. Mei Sutrisno, M.Sc, Ph.D.
 

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share.  Lets change the world together saudaraku !...



Comments

Donasi