Quotes

  • IKHLAS adalah Kepasrahan, bukan mengalah apalagi menyerah kalah

  • Solusi untuk setiap masalah adalah dengan Sabar dan Istighfar

  • Kesalahan terburuk kita adalah tertarik pd kesalahan orang lain

  • “Hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.” (Q,S Yusuf: 86)

  • Kegelisahan akan hilang saat shalat dimulai

LA TAHZAN Oase Iman

 

Sahabat.... ♥ Pernahkah kalian ada pada satu titik dimana kalian sudah menyerah dengan masalah kalian?? Pasti semuanya pernah seperti itu, bahkan Aku pun pernah merasakan satu titik dimana Aku jemu dengan keadaan disekitarku.

Yang Aku ingat, Aku hanya menangis dengan meluapkan kekesalanku. Padahal itu salah, tidak ada yang Aku dapatkan saat Aku menangis. Itu hanya merugikan diriku sendiri. Menangis memang hal yang manusiawi yang pasti pernah dialami oleh semua manusia. Tapi setelah Aku berfikir, itu bukan hal yang baik. 

Yang akan kita bahas adalah, tentang MASALAH !!! Sebetulnya jika kita berfikir positif masalah tidak akan pernah ada disekitar kita. Yang ada hanyalah kita yang membuat masalah itu sendiri, ya masalah tidak akan pernah ada jika pikiran kita tidak bermasalah. Sebetulnya memang fikiran kita yang mungkin bermasalah, contoh saja hal yang kecil kita besar-besarkan dan menjadi masalah besar. Dan akhirnya kita kecewa, lalu kita malah menyalahkan orang lain. Itu hal yang salah !!

Padahal sebelum menyalahkan orang lain, lihat dulu diri kita apakah sudah benar atau tidak. Kita manusia memang tidak patut menilai keburukan ataupun kelebihan orang lain. Yang berhak menilai hanya diri-Nya yang Maha Raja. Ini semua hanya titipan dari-Nya, yang harus kita jaga dan syukuri atas karunia-Nya. Tapi terkadang kita masih mengeluh dan bersedih ketika orang lain lebih dari kita. Ketika ada sedikit kesalahpahaman pikiran kita mencerna langsung itu adalah 'MASALAH' padahal semua itu belum tentu jadi masalah, bisa saja itu hanya ketidak sengajaan atau kesalahpahaman. 

LA TAHZAN, jangan bersedih!! dibalik semua cobaan pasti ada hikmah, dibalik kesulitan pasti ada kemudahan, dan dibalik permasalahan pasti ada jalan untuk menyelesaikan masalah. Kita harus percaya, karena ada yang selalu membantu kita, karena ada yang selalu menyangi kita. Yaitu diri-Nya yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dia begitu menyayangi kita, ketika kita diberi kekayaan, jabatan tinggi sebetulnya Allah sedang menguji kita. Apakah ketika kekayaan dan jabatan tinggi, apakah masih kita ingat kepada-Nya??? Nah, sebetulnya kita sedang di uji. Ataupun ketika kita sedang dirundung oleh masalah, itu bentuk kasih sayang-Nya. Dia ingin melihat apakah kita selalu memuji-Nya ataupun masih mencintai-Nya, atau malahan kita malah menggerutu.

Itulah bentuk kasih sayang-Nya kepada kita, jika kita bisa melewati ujian ataupun cobaan itu dengan ikhlas, tawakal & sabar. InsyaAllah semuanya akan menjadi mudah :-)
Oleh karena itu, Aku akan sedikit membagi tips jika kita sedang mempunyai cobaan dari mana saja :

1. SELALU BERSYUKUR, dengan bersyukur kita tidak akan merasa kekurangan dan dengan bersyukur juga didunia ini segalanya akan terlihat adil. 
2. SABAR, dengan bersikap sabar semuanya akan menjadi lebih bermakna. Kita perumpamakan saja sebuah telur, jika si induk ayam tidak sabar ingin melihat isi telur itu. Pasti anak pitik itu tidak akan ada. Sama halnya dengan sikap, tanamkan sikap sabar dari sekarang. Ingat sabar itu bukan menyerah. Pasti teman-teman semua bisa membedakan :-).
3. PERCAYA DIBALIK COBAAN PASTI ADA HIKMAHNYA, kita semua harus percaya pada hal itu. 
4. SELALU BERFIKIR POSITIF, dengan berfikir positif semua didunia ini akan terasa ringan coba saja. Karena kita tidak usah memikirkan hal-hal yang belum tentu kebenarannya. Kita fikirkan saja hal-hal yang bermanfaat untuk diri kita dan orang lain. Dan percaya SEDIH tidak akan datang kepada kita, yang ada kita selalu dikelilingi oleh KEBAHAGIAAN. 
5. BELAJAR TULUS SAAT MELAKUKAN HAL APAPUN, dengan belajar tulus kita akan merasakan hal yang belum kita rasakan sebelumnya. Percayalah :-)

Ya memang benar dengan bersyukur kita akan merasakan adil itu seperti apa, dan dengan percaya dibalik cobaan pasti ada hikmahnya itu memang benar. Kita juga harus percaya bahwa dibalik kesusahan itu pasti ada kemudahan. Dan yang satu lagi kita harus berfikir positif dan memandang dua sisi, tidak hanya satu sisi saja. Dengan berfikir positif juga, kita tidak akan dikelilingi masalah malahan kita akan selalu dikelilingi oleh kebahagiaan dan satu lagi, kita harus bersikap tulus saat melakukan hal apapun. Dan kita akan merasakan hal yang belum pernah kita rasakan sebelumnya. Ini bersangkutan dengan hati nurani kita. InsyaAllah dengan begitu kita akan terjauh dari hal yang membuat kita sedih.
LA TAHZAN!!!! Alllah selalu ada bersama kita


Ok, cukup sekian tips-tips untuk menghilangkan dan mencegah perasaan sedih di dalam diri kita. Mungkin masih banyak kesalahan dan kekurangannya. Mohon dimaafkan :-)

 

Dikutip dari             : -

Penulis                   : Hani Hasya Rizqiani 

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share.  Lets change the world together saudaraku !...



Tags :

Comments