Quotes

  • IKHLAS adalah Kepasrahan, bukan mengalah apalagi menyerah kalah

  • Solusi untuk setiap masalah adalah dengan Sabar dan Istighfar

  • Kesalahan terburuk kita adalah tertarik pd kesalahan orang lain

  • “Hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.” (Q,S Yusuf: 86)

  • Kegelisahan akan hilang saat shalat dimulai

FENOMENA MUDIK DI TENGAH SEBARAN WABAH CORONA Nasional


 

Oleh: Tardjono Abu Muas, Pemerhati Masalah Sosial

Sebaran virus corona yang semakin hari kian masif penyebarannya, tak pelak dapat mengubah fenomena arus mudik yang  biasanya terjadi mulai tujuh hari sebelum hari-H Idul Fitri, kini arus mudik lebih awal terjadi di tengah penyebaran virus corona.

Gerakan arus mudik lebih awal ini tak luput pula menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi para pimpinan daerah, terlebih pada saat ini para aparat daerah sedang fokus dalam pencegahan sebaran virus di daerahnya masing-masing.

Selain aparat daerah fokus mengawasi pergerakan warga yang pulang kampung halaman, tidak sedikit pula para orang tua dan atau sanak famili di kampung mulai tidak nyaman atas rencana anak atau famili dari perantauan yang mudik lebih awal di tengah merebaknya virus corona. Sehingga pada tahun ini benar-benar terasa suasana yang anomali dimana biasanya kehadiran perantau ke kampung halaman disambut dengan suka cita tapi pada tahun ini disambut dengan ketidaknyamanan karena khawatir perantau dari perantauan tertular wabah virus yang satu ini.

Menjadi sebuah keniscayaan bagi pemerintah pusat dan daerah untuk segera mengeluarkan kebijakan yang kiranya dapat menjadi solusi atas kondisi yang anomali saat ini. 

Kebijakan yang akan diambil pemerintah dalam mengatasi permasalahan mudik ini seyogyanya juga mempertimbangkan beberapa aspek, yang diharapkan kebijakan yang dikeluarkan tidak akan menambah permasalahan baru di tengah kita masih fokus mencegah sebaran virus yang satu ini. 

Sebelum mengakhiri tulisan ini, layak kiranya kita sama-sama renungkan dan hayati pesan Rasulullah shallallahu 'alaihi wassallam lewat sabdanya: "Tha'un (wabah penyakit menular) adalah suatu peringatan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala untuk menguji hamba-hamba-Nya dari kalangan manusia. Maka apabila kamu mendengar penyakit itu berjangkit di suatu negeri, janganlah kamu masuk ke negeri itu. Dan apabila wabah itu berjangkit di negeri tempat kamu berada, jangan pula kamu lari daripadanya" (HR. Bukhari dan Muslim dari Usamah bin Zaid).


 

*********************************************************************

Salurkan donasi antum untuk menjaga Aqidah Umat dalam berbagai Program ANNAS FOUNDATION

Ke No. Rek. an. ANNAS FOUNDATION
Bank Muamalat :
129 000 3048 (Wakaf)
129 000 3049 (Shodaqoh)
129 000 3050 (Zakat)

Bank Mandiri :
13000 41 3000 40 (Wakaf)
13000 51 3000 54 (Shodaqoh)
13000 41 3000 57 (Zakat)

Hubungi Hot Line Kami 
Di 081 12345 741

Atau Bisa Langsung Ke Kantor Kas ANNAS Foundation 
Di Jl. CIJAGRA RAYA NO 39 
BANDUNG
Senin sd Sabtu 09.00 sd 15.30


#ANNAS
#SyiahbukanIslam
#JundullahANNAS
#GEMAANNAS
#GARDAANNAS
#ANNASFoundation

#ANNASINDONESIA
 

Dikutip dari             : -

Penulis                   : Tardjono Abu Muas
 

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share.  Lets change the world together saudaraku !...



Comments