Quotes

  • IKHLAS adalah Kepasrahan, bukan mengalah apalagi menyerah kalah

  • Solusi untuk setiap masalah adalah dengan Sabar dan Istighfar

  • Kesalahan terburuk kita adalah tertarik pd kesalahan orang lain

  • “Hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.” (Q,S Yusuf: 86)

  • Kegelisahan akan hilang saat shalat dimulai

JASMERAH PAHLAWAN UNTUK PEMUDA Nasional


 

Mei Sutrisno *)

Pekik ‘Allahu Akbar’ mengiringi perjuangan 10 November 1945. Kota Surabaya menjadi saksi  ribuan pejuang rela mengorbankan nyawa untuk menjemput ridlo-Nya. Tak terhitung jumlah syuhada yang gugur demi merebut dan mempertahankan kemerdekaan di sepanjang bumi pertiwi. Para pemuda pewaris negeri perlu terus menghayati dan JAngan Sekali-kali MElupakan sejaRAH.

Pelajaran sejarah perjuangan bisa dilihat dari tiga aspek, yakni memahami karakter penjajah, karakter pejuang dan pesan kepada generasi muda sebagai pewaris jiwa luhur pahlawan kita. 
Pertama: memahami Karakteristik Penjajah, kehadiran awalnya seperti sosok pengusaha yang akan bekerja sama. Namun, kemudian mereka menyerobot tanah negara yang menjadi tumpuan hidup rakyat. Kemudian melakukan politik divide et impera memecah belah persatuan dengan membuat konflik, memusuhi yang kuat dan mempersenjatai yang lemah sehingga ketika menang akan berpihak kepada penjajah. Selanjutnya, ketika kuat mereka membuat aturan dan program-program paksa yang menguntungkan mereka, tapi menyengsarakan masyarakat bumi putra. Tahap berikutnya mereka melemahkan pendidikan  untuk membentuk generasi mudah yang lemah agar mudah mengekor kemauan mereka. Akhirnya mereka juga mempersulit pelaksanaan ibadah, penyebaran ilmu agama serta memberi peluang orang menafik mencela agamanya.  

Kedua: memahami Jiwa Palawan, yakni mereka yang berusaha menegakkan keadilan dan mengusir kedzaliman. Semangat mereka dijiwai oleh kekuatan lahir dan batin. Kekuatan lahir bangsa Indonesia bertumpu pada fisiknya yang tak kenal lelah. Persenjataan mereka sangat sederhana tapi berani melawan senjata berat musuhnya karena kekuatan batinnya, yakni iman dan keyakinan, bahwa hidup di dunia hanya tempat mencari bekal akhirat. Fatwa jihad K.H. Hasyim Asy’ari meningkatkan semangat. Pada 10 November 1945, ummat Islam yang mayoritas bersatu padu bersama masyarakat yang beragama lain membentuk barisan dalam kebersamaan untuk menegakkan kebenaran dan keadilan. Pekik ‘Allahu Akbar, merdeka atau mati’ para pejuang menggentarkan penjajah.  Atas ridlo-Nya para pejuang memenangkan pertempuran.

Ketiga: Pesan kepada semua generasi muda bangsa, saat ini secara de jure Indonesia telah merdeka. Namun secara de facto jiwa-jiwa penjajah setiap saat muncul kembali berganti wajah. Mereka hadir bekerjasama dengan anak bangsa dalam ologarkhi mengeruk kekayaan negeri, seolah tidak peduli tangisan anak negeri. Andaikata Allah mengizinkan jutaan arwah syuhada yang telah gugur itu hadir dan diberi hak bicara di depan para pemuda Indonesia saat ini.  Mereka akan berkata: (1) Pertahankanlah kedaulatan negaramu jangan biarkan jiwa para penjajah menyerobot tanah, hutan, perkebunan dan hasil tambangmu serta melemahkan keleluasaan ibadahmu. (2) Bersatulah, ingatlah Sumpah Pemuda telah mempersatukan hatimu. (3) Tegakkan kembali aturan perundangan negeri ini untuk keadilan dan kemakmuran bangsamu. (4) Jadikan kampus dan lembaga  pendidikan untuk menegakkan kebenaran bukan untuk kekuasaan. (5) Takutlah hanya kepada Allah dan jauhilah kezaliman serta tegakkan syariat agamamu niscaya Allah akan membukakan jalan terbaik bagimu.

Semoga Allah menjadikan para pemuda Indonesia mampu mewarisi semangat juang para pahlawan yang telah gugur untuk menegkakkan kemerdekaan, persatuan, keadilan, pendidikan, dan berjalannya syari’at dalam nilai-nilai Pancasila. Aamiin.


 

*********************************************************************

Salurkan donasi antum untuk menjaga Aqidah Umat dalam berbagai Program ANNAS FOUNDATION

Ke No. Rek. an. ANNAS FOUNDATION
Bank Muamalat :
129 000 3048 (Wakaf)
129 000 3049 (Shodaqoh)
129 000 3050 (Zakat)

Bank Mandiri :
13000 41 3000 40 (Wakaf)
13000 51 3000 54 (Shodaqoh)
13000 41 3000 57 (Zakat)

Hubungi Hot Line Kami 
Di 081 12345 741

Atau Bisa Langsung Ke Kantor Kas ANNAS Foundation 
Di Jl. CIJAGRA RAYA NO 39 
BANDUNG
Senin sd Sabtu 09.00 sd 15.30


#ANNAS
#SyiahbukanIslam
#JundullahANNAS
#GEMAANNAS
#GARDAANNAS
#ANNASFoundation

#ANNASINDONESIA
 

Dikutip dari             : -

Penulis                   : Ir. Mei Sutrisno, M.Sc, Ph.D.
 

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share.  Lets change the world together saudaraku !...



Comments

Donasi